Friday 7 February 2014

Kisah Pengembala Kambing dan Serigala





Teringat eda cerita zaman kanak-kanak dulu kisah pengembala kambing dan biri-birinya… cerita ni banyak memberi pengajaran dan teladan.

Pada zaman dahulu……. ada seorang penggembala kambing yang menggembalakan sekawanan domba. Pada suatu hari penggembala itu merasa bosan, sehingga ia memutuskan untuk mempermainkan penduduk desa, maka ia berteriak ..

"Tolong, Ada Serigala ........................"

Penduduk desa yang terdengar teriakan tersebut dan mereka bergegas keluar dari desa untuk menolong penggembala itu. Ketika mereka telah sampai, mereka bertanya .

"Mana Serigalanya ....."

Penggembala itupun tertawa keras, "Ha ha ha ... aku telah berhasil membohongi kamu semua, aku hanya main - main saja ..."



Beberapa hari kemudian, penggembala ini mempermainkan mereka lagi. Lagi - lagi ia berteriak ..

"Tolong, tolong ada serigala ....."

Dan penduduk desapun bergegas keluar untuk menolongnya dan lagi - lagi mereka menemukan bahwa penggembala itu hanya mempermainkan mereka. Mereka sangat marah dengan penggembala tersebut.


Beberapa hari kemudian, seekor serigala datang ke tempat penggembala itu, Serigala itu menerkam domba - dombanya, penggembala itupun berlari ke arah desa dan berteriak ...

"Tolong, tolong ... ada serigala , ada serigala ............"

Ketika penduduk desa mendengar teriakan tersebut, mereka hanya diam saja kerana mereka ingat penggembala itu hanya ingin mempermainkan mereka lagi. Penggembala itupun berlari kepada penduduk desan dan berkata ...

"Seekor serigala telah menerkam domba - dombaku, dulu aku memang berbohong, tetapi kali ini aku mengatakan yang sebenarnya ..."

Akhirnya penduduk desa itu pun datang untuk melihat, benar , mereka dapat melihat seekor serigala sedang berlari dan beberapa ekor domba yang tergeletak mati di rerumputan kerana penduduk tidak segera datang untuk menolongnya.


MORAL: Pembohong tidak akan pernah di percayai lagi, walaupun saat itu mereka berkata benar.



No comments :

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...